Langsung ke konten utama

Tugas Bahasa Indonesia (Artikel)


Expo Pembangunan Daerah Tertinggal Berlangsung,
Lalu Lintas Terabaikan


Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat menjadi tuan rumah expo Pembangunan Daerah Tertinggal tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Kependudukan Daerah Tertinggal Republik, 28 September hingga 1 Oktober 2011 lalu.
Pembukaan expo tersebut berlangsung di lapangan Tugu Selong. Dengan Jumlah peserta 180 kabupaten tertinggal di seluruh Indonesia. untuk menyukseskan kegiatan bertarap nasional tersebut, Pemkab Lombok Timur mempersiapkan segala sarana dan prasarana penunjang berlangsungnya kegiatan tersebut. Penyambutan muda-mudi berhambur dengan pakaian adat nasional, marching band, dan artis-artis ibukota juga turut berpartisipasi.
Dalam kegiatan expo pembangunan daerah tertinggal tersebut ditampilkan berbagai produk unggulan yang ada pada masing-masing kabupaten tertinggal. Berbagai stand didirikan mengelilingi lapangan Tugu Selong. Terdata, terdapat 94 peserta/stand
Diselenggarakannya expo ini, menarik perhatian banyak masyarakat. Tidak hanya dari Lombok Timur, namun dari berbagai daerah bagian Lombok juga turut menyemarakkan. Ramainya hiruk-pikuk kedatangan mereka menyebabkan aparat keamanan kewalahan. Sehingga jalan raya di sekitar lapangan Tugu Selong terpaksa ditutup untuk sementara waktu.
Tindak penutupan jalan tersebut, menghambat kegiatan masyarakat pada umumnya. Secara pribadi, saya merasa direpotkan dengan adanya penutupan jalan tersebut. Karena jarak tempuh yang kami lalui menjadi bertambah panjang. Terlebih jalan yang ditutup tersebut merupakan jalur utama transportasi di kota Selong.
Hal itu menyebabkan banyaknya kelalaian lalu lintas yang terjadi. Arus padat memenuhi setiap perosok jalan yang semulanya sepi. Hal itu sungguh menghambat aktivitas masyarakat, terlebih keamanan dan kenyamanan berkendara menjadi tidak terkontrol sempurna.
Sebaiknya, apabila pemerintah menyelenggarakan expo seperti itu lagi, alangkah baik dan nyamannya apabila keamanan sekitar juga lebih diperhatikan. Terlebih arus lalu lintas yang kian padat akibat penutupan jalan. Expo berskala nasional seperti itu memang sangat bermanfaat, namun pengguna fasilitas lalu lintas juga tidak dapat disepelekan.

Komentar