Selamat Ulang Tanggal dan Bulan, Kanikani^^


Assalaamualaikum warrahmatullahi wabarrakatuh
J

Tulisan ini aku buat untuk seseorang yang sangat menyebalkan. Dia berulang tanggal dan bulan hari ini, 17 Juli 2012, tepat dikeesokan paginya aku pulang ke Lombok dari Jogja. oh iya, aku baru saja meneleponnya untuk mengucapkan. Astaga, dia tidur. Ternyata ada ya? orang yang ulang tanggal dan bulan malah pulas gitu tidurnya? ckckck uda gitu, yang angkat telponku entah siapa pada awalnya. Kirain salah sambung. Hedeh! Uda gitu, waktu aku ucapin, dia malah bilang, “aku lahirnya pas siang hari”. Sudah kubilang, kan? DIA MENYEBALKAN! Padahal aku uda buat tulisan gini, biar hari jadinya (moga-moga) lebih bermakna. Halah.

xD

Namanya Muhammad Arkani Hidayat. Salah seorang penghuni istana hijau Fospast. Well, Selamat ulang tanggal dan bulan yaa, Sobat.. semoga sukses selalu. Panjang umur dan barokah. Murah rizky dan pandai memanfaatkannya. Menjadi orang hebat dan tidak sombong. Tidak menjadi seorang perokok. Dan yang paling penting, tidak dilanda kegalauan sepanjang hidup—itu sering terjadi, kan? Haha

Aku ingin berbagi cerita sedikit tentang dia.. hhmm, sebenarnya aku ada tulis tentang dia siy. Di Uca (nama Laptopku). Tapi belum sempat dipublish.

Yowes.. aku sisipin disini ajja yah :D


M. Arkani Hidayat


Banyak hal tak terlihat terjadi pada kami (halah). Yaa, ternyata dia sahabat yang baik. Mungkin hal itu didasari oleh satu sifat kami yang sama: pendengar yang baik.

Aku satu SMP dengannya—ternyata. Dan keakrabannya dimulai dalam naungan istana hijau—Fospast, bertolok “perang” setiap hari. Awal mengenalnya, aku berpikir dia anak yang sombong (hahaha). Tidak mau tahu. Pemarah. Cuek. Menyebalkan. Mau menang sendiri. Cepat tersinggung. Egois!


Dan, tak semuanya salah. haha

Walau ternyata—setelah kenal baik, dia itu baik, pengertian, pinter, terbuka, (agak) peka, sangat cepat penasaran, setia kawan.



Di sekolah, dia selalu mengejekku “nenek tua bauk tanah!” itu dipopulerkan oleh pakde Irwan si muka tua itu sebenarnya. Tapi heran deh, yang lebih semangat ngejek itu si Kepiting Rebus ini, dasar KaniKani, Kerujuk Lepak! (ejekanku padanya). Tersebab film tugas bahasa inggris di kelas 2 dulu, Malina Kandang, peranku kan….ish, lupakan! 


Kesehariannya, si Mbem ini emang rada blak-blakan dan ceplas-ceplos. Hal itu yang kerap kali membuatku sebal padanya. Lha, mending kalo aku good mood tiap hari, kan?


Dia pernah mendorongku sampai jatuh bersama bangku. Hal itu menjadikan “perang” kami benar-benar “dingin”. Dia juga pernah menaburkan kriuk-kriuk Mie Goreng Seda*p di mejaku—atas buku, sudah tahu aku benci mie! Bauk! Itu nyengat banget bauknya! Huh. Sampai mau nangis aku marah-marah sama dia waktu itu, aku cakar tangannya sampai luka. Rasain deh, belum tahu dia kehebatan kukuku..

Bruakakakak

Banyak guru yang ku dengar berbisik mengeluh karena keceplas-ceplosannya. Kabar baiknya, otak si Kepiting Rebus ini emang ngga beku. Dia memang bikin iri. Malas-malasan, baca komik terus, tapi tetep lancar hitung-hitungannya,, argh! (aku lemah banget di hitungan)

Dia ngekos selama SMA, tahu alasan dia sekolah di SMAN 1 Selong? Ini menurutku rada miring, dia sekolah di SMANSASEL hanya karena komik Naruto dan One Piece belum tamat dia baca! Katanya, udah capek-capek baca dari SD, sampai SMA belum juga tamat. Ada rental komik dan novel yang bernama ‘Bale Buku’ tak jauh dari sekolah yang membuatnya tergiur. Penasaran akutnya sanggup menolak tawaran kedua orangtuanya untuk menyekolahkannya di SMA Aikmel. Alasannya siy tidak ada teman, klasik!

Aku mulai berpikir, dia adalah orang dengan pikiran aneh..

Dia pernah mengaku padaku suatu ketika ketika kami sedang beresemes ria, bahwa ia menjadi ceplasceplos dan menyebalkan hanya untuk mencari perhatian orang-orang. Dia bingung, bagaimana caranya agar selalu dikenang? Berkesan mendalam? Walau dikenang hanya dengan hal seperti itu, dia mengaku senang.

Dia jago dalam olahraga. Basket, terutama. Wah, curang deh.. =="

Dia sering curhat. Well, kalau masalah curhat, emang banyak juga siy yang suka curhat. Tapi, Arkani ini yang paling rajin. Haha

Dia menceritakanku tentang seorang gadis. Dia sangat mencintai gadis itu. Sejak lama!

Kalau sudah membahas si Dia, bisa sampai berjam-jaman, dari es krim yang beku jadi makin beku karena ditaruh di kulkas, sampai es krim yang rasa strawberry berubah jadi rasa anggur. (lagi pengen makan es krim. Haha). Pokoknya, si Dia ini benar-benar bisa memporakporandakan hati si Kanikani.

Sms si Dia selalu singkat-singkat ke si Kanikani, hal itu cukup membuatnya frustasi. Dan hal-hal sekecil itu, juga dilaporkan padaku. Saran-saran dan nasihat, mungkin sudah kenyang dia telan dariku. Walau itu tak banyak membantu, tapi aku beneran tulus melayaninya. Dia hebat lho, mempertahankan cintanya begitu.

Aku ingat, malam tahun baru 2012. Dia berencana menembak gadis itu. Sudah aku kasi saran habis-habisan. Pake strategi pula. Haha. Ceritanya gini, seharian itu si Kanikani musti curhat ke si Dia. Tentang cewek yang dia suka, tanpa menyadari bahwa gadis itu sendiri adalah dia.

Dengan begitu, kita bisa lihat tanggapan pun reaksi dia kayak gimana, kan? Hingga pada malam tahun barunya, si Kanikani nyatain cinta dan berkata bahwa gadis yang seharian dia ceritakan itu adalah dia! (ce’ilaa). Kedengarannya, ideku mantab, kan? Namun, apa yang terjadi? Selama masa menceritakan “gadis pujaan” itu pada si Dia, Kanikani malah jadi tahu, kalo si Dia itu sudah punya pacar. Dan sudah pacaran bertahun-tahun. Itu sudah di detik-detik “mengungkapkan”. Dengan tenang, si Dia menolak si Kepiting Rebus..

Haduh, pada saat itu. Benar-benar tragis. Aku berada di Mataram. Selama di Mataram sampai di rumah, sms ngga keputus. Dia frustasi. Tekadnya uda terlanjur bulat buat nyatakan cinta. Jadilah aku pelanpiasan emosinya. Dia bilang, ingin menganggapku sebagai si gadis itu, mau pura-pura ceritanya.. mau melampiaskan semua kata-kata cintanya buat si gadis ke aku. Waduh, aku ga tega.. tapi, yasudahlah.. moga dia jadi lega udah ngelakuin itu..

Berlanjut sampai menelepon. Dia cerita tentang si Dia.
 Still waiting ceritanya, tetap menunggu. Hingga akhirnya malah dia yang rusuh mintain aku cerita tentang pacarku. Nah lho.. yaudah, kita buka-bukaan jadinya. Curhat-curhatan sampai mampos! Tapi tetep, kalo di sekolah.. PERANG!!

Kita mulai hapal kebiasaan masing-masing. Terlebih insomniaku, dia sampai ketularan. Haha. Barulah aku sadar, benar kata dia.. kalo kita ga sempat perang-perangan dari dulu, mungkin tidak akan seakrab ini. Tapi, siapa yang tahu?
J

Saat perpisahan. Kami, anak-anak FOSPAST mengadakan acara tukar kado. Usai dari gedung wanita dan memboyong dua penghargaan atas film SEKEJAP! Skenario terbaik dan yang satu lagi untuk Yuda atas partisipasinya dalam AFS (Apresiasi Film Siswa) yang  merupakan tradisi di tiap perpisahan SMANSASEL, kami berhambur menuju Taman Selong. Acaranya begini, kami bawa kado masing-masing—bernyanyi—lalu mendapatkan kado yang ditangan ketika lagu berhenti. Itu memusingkan. Berulang kali lagu kami ulang dan ganti, haduuh. Dan tahu kah? Aku dapat apa? Boneka babi berwarna pink! PINK! Oh Tuhan.. ah, biarkan saja.. aku suka kok xP

Dan kado ku? Berhasil dibawa pulang si Kepiting Rebus. Haduh. Pada tiap kado, berisi ‘surat kejujuran’. Ini merupakan berita buruk, feelingku. Semula, kado itu mendarat di tangan Niar, berhubung aku beli kado bareng Niar, yaa ngga seru dong kalo Niar yang dapet. Haha

Benar saja, si Mbem ini kan punya sindrom penasaran akut, nah lho.. habislah aku! 
Disurat itu, aku tulis daftar orang-orang yang aku kagumi.. dan beberapa sifat yang tidak aku sukai dari anak FOSPAST.

Dia mulai ngeyel nanya, “siapa yang ndakmu suka?? Kok ndak ada namanya?? Aku keh??"

Gurbakk

Sudah ku duga..

Dan, masalah itu kami bahas hampir tiap esemesan. Disurat itu juga aku tulis beberapa orang yang aku kagumi. Nah, ada namanya juga disana.. aku suka karena jalan pikirnya yang aneh. Haha

Dan ternyata, dia ngefans juga sama aku. Haha. Jadilah esemesan makin ricuh. Dia makin banyak cerita tentang pola pikirnya yang suka mengkhayal menjadi ketua preman. Aku dilarang ketawa ngedengerin tiap hayalannya.. tapi.. haduh, ga tahan. Bagus kok. Imajinasi tinggi. Wah, mulesss.. xD

Dia ngefans sama aku karena apa ya? Katanya, karena suka tulisanku. Haha. Aneh deh, kan setiap orang juga bisa nulis.. dia juga bisa, aku pernah memintanya membuat puisi. Setelah ku baca. Beneran bagus kok. Maka dari itu, aku sarankan ke dia.. kalau sedang banyak pikiran ataupun gelisah, yaa menulislah.. nulis pokoknya! Ga perlu langsung bagus.. yang penting hati lega..

Dia suka aku yang apa adanya, katanya. Haha. Lha, mau ada apanya terus aku ini? Dan, ada beberapa alasan dia juga yang belum waktunya aku publish di sini.. hhmm, tentang hal ‘itu’, memang hanya dia yang tahu siy.. itu pun ga sengaja. Dan kerap menjadi ancaman padaku. Huh

Banyak banget kenangan sama si Mbem itu. Haha.. dimulai dari “perang”, esemesan, telpon, les di EC sampe malem.. ckck dan kami bersama yang lainnya belajar di berugak gitu malem-malem.. ngga di EC yaa di rumah Rei.

Dia dan gadis pujaannya. Aku dan kekasih tersayangku. Kita, sahabat yang hebat. Suatu hari nanti, akan datang padanya, seorang gadis beruntung yang dapat mengerti dia. Dan mau bersabar atas kemenyebalannya! Haha

Saat aku menulis catatan ini, aku masih di kamar kerenku. Esok, aku akan berangkat ke Jogja. Beberapa jam yang lalu, aku memberitahukan kepergianku padanya. Dia kaget.

Sms-smsnya membanjiri nokia Asa 303ku. Aku sedih membacanya. Yaa Tuhan..

Dia juga sempat nelpon, ah.. ternyata emang beda. Waktu baca esemesnya, aku sedih. Waktu ngomong sama orangnya, malah ngikik kita. Ckck. Panggilan berakhir karena handphonenya mati. Haha, tak apa.. aku juga tadi sempat telat banget-banget baca esemesnya kok..

:p



Dia bilang aku sahabat terbaiknya, dalam dunia kecilnya. Dia bilang, aku cewek pertama yang dia anggap sahabat melebihi teman terbaiknya. Dan, satu sms ini yang membuatku ingin menangis:


Ku hrp ndk mu lupaen q, seandax ndk kita ktmu dlm waktu yg pnjng.... Alx aku jg akn mengingt mu trus... thanks bnget ud mau dnger cerita2 ku slm ni.... yg menurtku itw haxa cerita membosankn dan selalu ku ulang... thanks jg ud jd tmn baik ku... thanks ud ngsi saran buat mslh ku.... thanks ud jd bgian trindh dlm hdpku... thanks ud mau maafn kesalahan ku... thanks ud bilng aku pinter... thanks ud mau berbagi cerita.... thanks ats waktu yg tlh mu brkn dan thanks ud buat q trseenyum... :)


Received
08:09:36pm
Today
from:
Arkani
+628191826xxxx


Dasar! si menyebalkan ini.. =="

Dan sampai kapan pun, aku tidak akan melupakan dia.. sungguh, hingga suatu hari nanti kita berdua menjadi orang-orang yang sukses, dia tetap salah satu sahabat terbaikku!




Tulisan itu aku tulis dalam keadaan sadar. Haha. Sudah cukup lama, dan tidak banyak yang berubah. Nyaris tidak ada. Hanya saja, ternyata—mungkin, kita akan sulit ketemu lagi. Huhu

Di hari jadimu ini, semoga menyenangkan yaa.. dan semoga kau suka tulisan jelek ini. Mungkin ngga seberapa. Tapi apa lagi yang bisa aku lakukan?
xD

sekali lagi, selamat ulang tanggal dan bulan, Kanikani!
:)D


wassalam

Komentar

  1. hai pesbukers.. makasi uda mampir..

    oh, ini toh maksud sms itu..
    x)

    BalasHapus
  2. sudahkah kani memiliki sahabat?

    BalasHapus
  3. entah..
    yang aku tahu, kami bersahabat.

    BalasHapus
  4. haha :D

    enak dipake bebuka xD

    BalasHapus

Posting Komentar