O Tanjoubi Omedeto, Otosan! :)



“bapak mau hadiah apa?”
"doa ajja deh, doain biar tetap sehat. Kalau sehat kan bisa terus kerja buat cari nafkah untuk anak istri..”

Hari ini, 6 Oktober 2012, bapakku mengulang tanggal dan bulan di hidupnya sebanyak 46 kali. Ya, usia beliau tidak muda lagi.

Akan kuceritakan sekilas tentang beliau.

Bapak adalah seorang pria yang tidak seperti bapak kebanyakkan di dunia ini. Jika kalian pernah bertemu dengannya, tentu kalian akan lebih mengerti apa yang aku maksudkan. Dia bahkan memanggilku 'Kak Ken'. Dia suka memotretku dengan kamera digital anehnya, yangmana sangat ia banggakan walau harus berulang kali memasang pun mencopot baterainya.

Dia suka bercanda. Suka tertawa. Mudah tersentuh. Sabar. Dan sangat menakutkan jika telah marah. Kursi pun bisa terbang.

Ehehe

Di balik itu semua. Aku selalu mencoba menerka jalan fikiran beliau. Benar-benar susah ditebak. Terlalu praktis, kadang.

Aku suka ketika kita pergi berlibur, walaupun sering tersesat. Aku juga suka ketika di malam Ahad kita berwisata kuliner, mencoba setiap rumah makan. Pernah, makan malam kami menjadi sangat panjang gara-gara berburu hingga luar wilayah kota. Buset deh. Aku juga suka ketika kami berkaraoke. Baik itu di rumah, dalam mobil, maupun rumah karaoke keluarga (NAV). Kami suka berebut mic, menyerobot lirik selanjutnya. Lalu protes satu sama lain hingga tertawa pecah bersama-sama. Aku ingat gaya bernyanyi bapak, suaranya lumayan, suka sengaja terlambat 1 ketukan tempo di awal, alisnya dikerutkan, mimiknya dibuat-buat, melafadzkan lirik dengan potal (r=l). kalau sudah karaokean bareng, dia akan maju dan joget ke sana-sini pake gaya Parto di OVJ lalu tertawa sendiri. Aku dan beliau memiliki lagu duet, 'still loving you' dan 'boulevard'.

Beliau suka tersenyum. Walau hatinya (mungkin) sedang tak tersenyum. Beliau sangat menjagaku. Haha, kalau aku nonton FTV misalnya, dia pasti langsung ngomel-ngomel, “ga usah nonton film pacar-pacaran! Ntar ikutan dah dia..” ujarnya. Dia risih mendengarku menerima telepon, terlebih jika itu dari laki-laki. Kalau perlu, dia akan ikut berbicara—walau sebentar, pada si penelepon. Aku tahu dia sangat menyayangiku. Dia akan turuti apapun yang ku mau sebisanya. Walau terkadang itu membuat adik-adikku iri. Bahkan keluargaku menyebutku “penawar hati bapak” atau “kuncinya bapak”. Aku tahu dia berharap banyak padaku. Berharap agar aku menjadi putrinya yang tangguh dan berhasil di jalan yang ku pilih. Dia tidak pernah memaksaku. Dia mengganggapku sahabatnya. Dia ingin nasib anak-anaknya jauh lebih baik daripada nasibnya semenjak kecil. Aku tahu dia tidak akan meninggalkan kami untuk alasan yang konyol, karena dia adalah milik kami yang begitu berharga.

Apapun yang aku jalani sekarang, hanya bertujuan untuk membuat kedua orang tuaku bangga. Aku malu jika menjadi seorang anak yang hanya meminta dan merepotkan. Aku ingin meringankan beban mereka. Walau kita berjauhan—sedari awal juga demikian karena bapak belakangan ini bekerja di luar kota pun mengekos di sana hingga pulang tiap minggu saja, kita selalu mengerti cara merindukan satu sama lain. Seperti aku misalnya, ketika ibu kantin menyetel lagu 'Pance' aku langsung berujar, “eh, ini lagu mama dan bapakku lho..”

Dan mengenai hal yang beliau pinta padaku di hari jadinya ini: doa, semoga ini dapat meneduhkan hati beliau..

Allahku Yang Maha Agung, mudahkanlah segala urusan yang kini dihadapi bapak hamba. Mudahkan tiap kepelikkannya. Tentramkan hatinya. Rangkul ia. Sehatkan jasmani dan rohaninya. Murahkan rizkinya. Panjangkan umurnya. Lipatgandakan cintanya pada keluarga kecil kami. Sentuh tiap paginya dengan semangat. Ramahkan lingkungan kerjanya. Berikan ia jalan yang lurus dan terang. Pertebal garis senyumnya. Rukunkan ia bersama mama hamba. Kuatkan bahunya menopang hidup kami anak-anaknya. Dan berkahilah hidup kami semua untuk selalu mengabdi kepada-Mu.

Allahku yang Maha Bijaksana, beliau telah merawatku dengan benar. Mendidikku dengan tepat. Juga memahamiku dengan kesungguhan. Izinkan aku membahagiakan beliau.. kabulkanlah setiap doa-doanya.

Pak..
Terimakasih untuk semuanya. Fin akan menjadi 'anak bapak' yang benar-benar 'anak bapak' seperti yang pernah bapak minta. Maaf jika selama ini Fin udah buat bapak kecewa dan berharap lebih pada keterbatasan kemampuan Fin. Sehingga menjadi terlalu gengsi mengakui beberapa hal secara langsung. Terimakasih untuk dukungan penuh bapak selama ini. Itu sangat menguatkan langkah Fin.

Just be a good, more good and best of the best father in this world us usual, ya!

We proud of you :)

foto ini diambil beberapa menit setelah bapak menelepon, menanyakan bocoran 'kejutan' apa yang ada di rumah. padahal aku juga sudah menyiapkan ini.. ehehe, spesial thank's untuk Riska, teman kos yang kamarnya tepat di depan kamarku. syukur dia belum tidur ketika kugedor pintunya. arigato! eh, ternyata bapaknya Riska juga ultah besok :D bapak kita punya tanggal dan bulan kelahiran yang sama. met ultah juga deh, buat bapaknya Riska :)


Bonus, lirik lagu Still loving You by Scorpions :)


Time, it needs time
To win back your love again.
I will be there, I will be there.


Love, only love
Can bring back your love someday.
I will be there, I will be there.



Fight, babe, I'll fight
To win back your love again.
I will be there, I will be there.



Love, only love
Can break down the walls someday.
I will be there, I will be there.



If we'd go again
All the way from the start,
I would try to change
The things that killed our love.



Your pride has build a wall, so strong
That I can't get through.
Is there really no chance
To start once again?
I'm loving you.



Try, baby try
To trust in my love again.
I will be there, I will be there.



Love, your love
Just shouldn't be thrown away.
I will be there, I will be there.



If we'd go again
All the way from the start,
I would try to change
The things that killed our love.



Your pride has build a wall, so strong
That I can't get through.
Is there really no chance
To start once again?



If we'd go again
All the way from the start,
I would try to change
The things that killed our love.



Yes I've hurt your pride, and I know
What you've been through.
You should give me a chance
This can't be the end.



I'm still loving you.
I'm still loving you,
I need your love.
I'm still loving you.
Still loving you, baby...


Tertanda,


Putri tangguh kalian

Zulfin Hariani

Komentar

  1. Semoga Beliau tetap di beri kemudahan dalam semua hal oleh Allah Adza Wajalla.. Tuhan kita yg Maha pemberi...

    BalasHapus

Posting Komentar