Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2013

ILMU POLITIK

DEFINISI ILMU POLITIK
ONTOLOGI: Ilmu tentang hakikat sesuatu/benda/hal/aspek yang dikaji.
EPISTEMOLOGI: Bagaimana “ontologi” itu dipelajari.
AKSIOLOGI: Untuk apa ilmu tersebut.
Definisi ilmu Politik dipandang dari tiga aspek tersebut

ONTOLOGI POLITIK
-Ontologis Politik: Kajian2 dalam ilmu politik
-Miriam budiharjo: Negara, Kekuasaan, Pengambilan kebijakan, Kebijakan publik, Pembagian kekuasaan.
-Gerry Stoker dan David Marsh: Institusi politik/pemerintahan ( Aspek formal politik ), Proses sosial ( aktivitas informal )‏
-Ramlan Surbakti: Usaha warga negara mewujudkan kebaikan bersama, Penyelenggaraan Negara dan Pemerintahan, Mencari dan mempertahankan kekuasaan, Kebijakan publik, Konflik memperebutkan sumberdaya penting.
Awang: Kekuasaan, Nilai, Kepentingan

EPISTEMOLOGIS POLITIK
-Epistemologis Politik: Dimaknai sebagai pendekatan-pendekatan dalam ilmu politik dan tradisi dalam ilmu politik
-Pendekatan2 dalam ilmu politik: Tradisionalism, Behavioralism, Post Behavioralism, Marxisme, Rat…

PRINSIP-PRINSIP KOMUNIKASI

Prinsip-prinsip komunikasi seperti halnya fungsi dan definisi komunikasi mempunyai uraian yang beragam sesuai dengan konsep yang dikembangkan oleh masing-masing pakar. Istilah prinsip oleh William B. Gudykunst disebut asumsi-asumsi komunikasi. Larry A.Samovar dan Richard E.Porter menyebutnya karakteristik komunikasi. Deddy  Mulyana, Ph.D membuat istilah baru yaitu prinsip-prinsip komunikasi. Terdapat 12 prinsip komunikasi yang dikatakan sebagai penjabaran lebih jauh dari definisi dan hakekat komunikasi yaitu :

Prinsip 1 : Komunikasi adalah suatu proses simbolik
Komunikasi adalah sesuatu yang bersifat dinamis, sirkular dan tidak berakhir pada suatu titik, tetapi terus berkelanjutan.

Prinsip 2 : Setiap perilaku mempunyai potensi komunikasi
Setiap orang tidak bebas nilai, pada saat orang tersebut tidak bermaksud mengkomunikasikan sesuatu, tetapi dimaknai oleh orang lain maka orang tersebut sudah terlibat dalam proses berkomunikasi. Gerak tubuh, ekspresi wajah (komunikasi non verbal) ses…

(Rangkuman Pribadi) Dasar-Dasar Ilmu Politik-KEKUASAAN, WEWENANG, LEGITIMASI, DEMOKRASI,

PENGERTIAN KEKUASAAN
Riker (1964) berpendapat bahwa perbedaan dalam kekuasaan benar-benar didasarkan pada perbedaan kausalitas (sebab-akibat). Kekuasaan adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh, sedangkan alasan adalah penggunaan pengaruh yang sebenarnya.

Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh

Kekuasaan merupakan kemampuan memengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang memengaruhi (Ramlan Surbakti,1992).

Robert Mac Iver mengatakan bahwa Kekuasaan adalah kemampuan untuk mengendalikan tingkah laku orang lain baik secara langsung dengan jalan memberi perintah / dengan tidak langsung dengan jalan menggunakan semua alat dan cara yg tersedia. Kekuasaan biasanya berbentuk hubungan, ada yg memerintah dan ada yg diperintah. Manusia berlaku sebagau subjek sekaligus objek dari ke…

Fungsi Komunikasi

Fungsi komunikasi adalah :

a. Kendali : komunikasi bertindak untuk mengendalikan prilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.

b. Motivasi : komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.

c. Pengungkapan emosional : bagi banyak karyawan kelompok kerja mereka merupakan sumber utama untuk interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam kelompok itu merupakan mekanisme fundamental dengan mana anggota-anggota menunjukkan kekecewaan dan rasa puas mereka oleh karena itu komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial.

d. Informasi : komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pilihan-pilihan al…

(CERPEN) MELODY NATHAN GENDHIS

“Kamu gak makan siang dulu, Dhis??”
“Udah nggak keburu, Ma! Ntar di Melody aja! Aku kebablasan tidur siangnyaaa, Mama sih nggak bangunin!”
“Lha, habisnya kamu nyenyak banget tidurnya! Yaudah hati-hati kalo gitu, Dhis.. pelan-pel..” Pletakk! Kakiku membentur kaki meja. Taplak hijau pupus di atasnya bergeser ke arah berlawanan. Nyeri.
“Aw.. aduuh! Aduuh! aku berangkat, Ma! Assalaamualaikum.” Sambil menyelempangkan tas kain berisi beberapa benda kesayanganku di sebelah kanan bahu, aku terus berlari. Agak terpincang. Tak hiraukan pintu utama yang ternganga menghadap taman kecil bebatuan dekat garasi. Seharusnya aku menutup pintu kayu jati itu. Mama pasti mengomel lama sekali karenanya.
Namaku Sukma Gendhis Trisleo. Benar, zodiakku adalah leo. Orang-orang memanggilku Gendhis. Itu terdengar bagus. Minggu lalu aku genap 19 tahun. Aku bekerja paruh waktu pada sebuah cafe yang cukup besar untuk memberikan kami seragam dan bandana ungu ketika bekerja.
Hari ini Ahad, tiap pagi di hari yang sama selal…