(Suara Mahasiswa) Demokrasi Dalam Lingkungan Kampus

Vina Glaeli Pratiwi



Demokrasi dalam lingkungan kampus itu adalah ketika warga kampus terlibat dalam mengemukakan pendapatnya untuk menentukan suatu hal secara demokratis demi kepentingan bersama. Dengan terwujudnya demokrasi dalam kampus, mahasiswa dan mahasiswi dapat terlatih untuk menyuarakan pendapatnya. Ikutserta dalam pemilihan ketua BEM dan Kosema misalnya.

Berkomunikasi itu sangat penting, hal itu sehubung dengan jurusan yang Vina tengah emban di semester tiga jurusan keperawatan tahun ini. Vina harus piawai dalam berkomunikasi dengan pasien-pasiennya.
Pengamalan demokrasi di lingkungan kampus penting banget. Itu seperti wadah yang menyediakan mahasiswanya berlatih dan lebih memahami konsep dari demokrasi itu sendiri. Berbicara di muka umum apalagi depan orang banyak tidaklah mudah. Menjalani keseharian yang demokratis di kampus bisa memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa—karena terbiasa, untuk menghadapi dunia kerja yang lebih nyata.

Pesan Vina, demokrasi di lingkungan kampus baiknya lebih diperhatikan dan diarahkan ke jalurnya dalam penggunaannya yang tepat. Hal itu demi mewujudkan generasi yang tidak gagap demokrasi.

Komentar