Karakter Orang Bergolongan Darah B versi Masih Nyata



Assalaamualaikum warrahmatullahi wabarrakaatuh

Hai!

:D

Ada yang percaya dengan ramalan golongan darah? Ups, bukan, bukan ramalan. Maksudku, ada yang percaya dengan perkiraan karakter seseorang berdasarkan penelitian atas golongan darahnya?

Aku rasa belakangan ini sudah menjadi trend yah. Hum.. sejak SMA malah kayaknya. Itu sekitar 4 tahun silam. Terus kok baru dibahas sekarang? Yaa, suka-suka aku dong yaa. Hehe. Awalnya, aku juga sering cari tahu kok—sejak kebetulan tahu. Seru aja gitu soalnya. Ngibur. Ada beberapa yang benar, ada yang ‘ah masa sih?’. Padahal, sadar ngga? Kalau terlarut dengan prediksi (okray, kita sebut saja prediksi) golongan-golongan darah tersebut, secara ngga sadar, kita jadi mengotakkan diri lho, tepatnya mengotakkan pemikiran kita sendiri. Tersugesti dan susah mendobrak yang seharusnya gitu.  Ehem, aku minum sek yo.

Lanjut.

Nyatanya,  kita bisa jadi karakter golongan darah mana saja yang kita kehendaki lho. Walah, kok iso? Karena pada sebelum kita ‘terlalu merasa seru’ menikmati sajian komik (biasanya berbentuk komik golongaan darah) tersebut, kita merasa karakter kita condong ke golongan darah yang lain. Haha, pun aku demikian kok. Tapi ngga mungkin aku berdarah campuran kan? Biarkan saja Voldemort yang menjadi pangeran berdarah campuran. Gurbak. Okray, lupakan.

Pakai eskulin seger nih kayaknya, wait.

Hehe. Kalian pernah coba eskulin yang warna pink? Yang gambarnya Annisa Chibi? Yang Thursday? Wkwk, well, itu parfumku sejak SD. Sampai sekarang ga pernah ganti. Aku suka cologne gell. Hedeh, apasih ini, ga penting banget. Skip.

Kembali ke jalan yang benar.

SO, aku mau coba buat penelitian kecil-kecilan nih. Haha. Aku mau teliti tentang karakter orang-orang yang bergolongan darah B. kenapa B? karena aku B. haha. Dan juga, aku banyak bertemu dengan orang-orang yang bergolongan darah B belakangan ini. Hum.. kalau dipikir-pikir pun, aku mudah merasa kagum dengan orang-orang bergolongan darah B. Langsung aja, ini dia beberapa nama orang di sekitarku/pun yang pernah kukenal yang dianya bergolongan darah B:

1)      TingTing (teman sekolah)
2)      Mbaina (teman sekolah)
3)      KumeKume (teman sekos)
4)      Mandos (teman sekos)
5)      Ardhos (teman seorganisasi)
6)      Bemby (teman seorganisasi)
7)      Nizmo (teman sekelas)
8)      Erween (teman sekampus)
9)      Apuletet (saudara)
10) Mbadel (teman seorganisasi)
11) Mbarim (teman seorganisasi)
12) Edem (teman seorganisasi)

Namanya sengaja aku samarkan. Hehe. Tepatnya, bukan disamarkan sebenarnya, tapi aku manggil mereka yaa emang gitu. Berdasarkan pengamatanku secara menyeluruh, terlepas dari pengaruh beberapa buku yang pernah kubaca, berikut adalah karakter golongan darah B:

1.     Suka memendam. Terlebih pada beberapa hal yang menurut mereka bersifat private, karena sejatinya orang-orang yang bergolongan darah B sangat terbuka. Kami akan menceritakan banyak hal yang terjadi di kehidupan kami, bahkan mimpi kami semalam. Namun, hal-hal yang lebih sensitif hanya kami percayakan kepada orang-orang tertentu saja, tepatnya, orang-orang tempat kami merasa aman dan nyaman.

2.      Fleksibel & bebas. Haha, beneran lho. Kebanyakan orang-orang bergolongan darah B yang aku temui cenderung berpikir fleksibel dan memiliki jiwa yang bebas atau setidaknya ingin bebas. Misalnya nih, jika plan A gagal, akan secepatnya muncul plan B. Gitu. Dan, di lubuk hati terdalam orang-orang bergolongan darah B yang aku temui, secara nyata ataupun kasat mata, terlihat jiwa-jiwa bebas—yang bahkan akan menyeruak perlahan jika ia dikekang.

3.           Pelupa. Ah, kalau yang ini seriusan deh, khususnya aku. Pelupa banget. Entah itu menyoal menaruh kunci kamar, motor, flashdisk, juga berapa harga barang, nama orang, hingga beberapa moment yang menurut orang lain penting. Setelah mengenal orang-orang bergolongan darah B, ternyata sama saja, jadi mudah deh untuk memakluminya. Huhu. Aku sampai pernah berpikir bahwa aku terkena alzaimer gara-gara menonton sebuah film korea. Duh.

4.       Kalau sudah serius/fokus, agak serem. Nah, kalau yang ini biasanya kalau menyoal pendidikan atau kerjaan. Kami, orang-orang yang bergolongan darah B kadang terkesan serius terlebih ketika tengah fokus. Aku bisa tidak mendengar orang-orang yang tengah berbicara di sekelilingku jika tengah fokus pada sesuatu. Kalau dalam keadaan terdesak harus nyambi dengerin orang yang lagi cerita, kita suka pura-pura merhatiin padahal ngga ngerti apa-apa. serem? Yaa karena ekspresi kami yang biasanya sumringah bakal berubah menjadi berkerut-kerut. Intinya, kalau lagi serius, kita akan terlihat sebagai seseorang yang berbeda. Haha.

5.         Mudah berbaur di keramaian, tapi juga  baik-baik saja di tempat yang sepi dalam waktu yang cukup lama. Kami bisa ngumpul di mana saja, tempat ga pernah jadi masalah. Pun, kami juga bisa tahan mengurung diri di dalam kamar, tentu dengan dunia kami sendiri—entah main internet, ngutak-atik gadget, hingga tidur-tiduran doang/ngayal. Kami suka seru sendiri kalau ramai-ramai ke suatu tempat wisata gitu, atau makan bareng juga. Tapi sering juga belanja sendirian bahkan makan sendiri di tempat umum. It’s okay, malah efisien waktu menurut aku sih.

6.       Imajinatif. Masih nyangkut sama pernyataan di atas yang suka ngayal, imajinasi kami juga suka ke mana-mana. Terlebih ketika selesai menonton film atau baca novel/komik, sering juga kalau dalam keadaan menginginakan sesuatu yang dapat mempermudah pekerjaan kami. Kalau uda melebar, imajinasi kami jadi makin aneh, maksudnya dalam wujud prasangka, kekhawatiran kami bisa duet gitu sama imajinasi kami. Misal, ‘kok adekku lama banget baliknya ya? esemes ga dibales, bebeem, wea, lain, ga diread. Telpon ga diangkat. Jangan-jangan….diculik alien, kesambar petir, jatuh ke jurang, tenggelam di sumur, blablabla’. Imajinatif memiliki turunan kekhawatiran yang aneh. Gitu.

7.       Blak-blakan, to the point, ga suka ribet. Huhu, sebelum itu semua kejadian, sebenernya kami telah merekam, benar, kami memperhatikan.baru deh blak-blakan. Maaf, kadang nancepnya kedaleman. Namparnya kebangetan. Hehe. Kami juga sebenarnya kurang suka basa-basi lho, langsung to the point lebih kita banget, kita ga suka ribet, yang penting nyaman.

8.       Suka tidur. Nah, sebenernya semua mahkluk hidup emang doyan tidur kayaknya, tapi setelah aku survei, kok orang-orang yang bergolongan darah B ini doyan tidurnya itu yaaa doyan banget. Suatu hal mesti punya daya tarik yang bener-bener narik, baru bisa mengusik zona nyaman kita. sering juga, telat kuliah gara-gara ketiduran. Hehe. Apalagi kalau lagi liburan, duh, alamat kebanyakan tidur mesti. Ehem, eniwe, di sisi lain cah goldar B ki, sebenernya paling semangat kalau diajakin jalan-jalan. Tapi sukanya sama keluarga atau kalau ngga yaa sama temen-temen yang emang uda akrab, selain itu mesti mikir-mikir lagi. Mending tidur. Hehe.

9.    Bisa sangat malas, bisa sangat rajin, susah stabil. Nah, ini. Kalau lagi malasnya, MALAS BANGET, mau ngapain juga bawaannya malas. Makan juga bisa sampai malas banget. Tapi kalo uda rajin? Bisa RAJIN BANGET. Okray, mungkin karena kami punya sisi ambisius dan optimis yang ga ketulungan juga.  Catatan dirapiin, distabiloin. Buat skejul perhari selama sebulan. Buat todo list/target selama setahun. Semuanya tertata rapih. Pun tentang kamar, kalo lagi males, uda kayak gudang sarangnya kelelawar. Tapi kalo lagi rapi? Duh, setitik debu juga ngga ada. Wangiiiiiii semerbak kebun bunga. Cuman, ya itu tadi.. susah stabilnya.

10.   Pendengar yang baik. Karena kami cenderung talk less do more. Kami adalah pendengar yang cukup baik. Tak hanya sampai di sana. Kami cukup lihai menjaga rahasia, jadi entah sejak peradaban zaman apa mulanya, orang-orang bergolongan darah B sering dijadiin tong sampah curhatan.

11.    Penikmat sastra dan seni. Kalo yang ini aku banget. Hihi. Pun ngga jauh-jauh beda sama beberapa sample orang-orang yang kusebutkan di atas sana. Sastra yang ku maksud adalah tulisan, entah itu menulis ataupun membaca. Pun bahasa asing. Hehe. Aku pribadi sih percaya kalau tulisan dapat mengubah pola pikir seseorang yang secara perlahan dapat mengubah dunia. Pun seni, itu adalah hal yang unik sekaligus menghibur. Sangat menakjubkan malah—menurutku. Entah itu seni musik, rupa, tari, apapun. Sastra dan seni adalah penyeimbang dunia!

12.    Suka mempelajari hal baru. Kebanyakan kami mudah penasaran. Sebal rasanya kalau dipancing-pancing sampe bikin penasaran. Huh. Aku belajar coding otodidak, belajar bahasa jepang juga otodidak, maen harmonica juga otodidak. Penasarannya bisa kayak ngutakatik laptop sampe rusak, pun gadget. Hehe. Suka masak pakai resep sendiri, eksperimen yang kadang memakan korban, kadang menyejahterakan umat. Haha.

Eh, bentar, ngambil charger Uca dulu.

Lanjut.

13.   Mudah menerima masukan. Kebanyakan orang-orang bergolongan darah B, sering nanya ‘aku gimana sih orangnya? Sifat yang harus aku ubah apa?’. well, walau sejujurnya, kebanyakan dari kita ntaran bakal bandel lagi. Wkwk. Tapi kita nerima aja kok kalo dikritik atau dikasi masukan.

14.   Moody. Sepengamatanku, moody ini beneran bikin malesin. Kalau orang-orang yang bergolongan darah B udah mulai mutmutan, haish, apa juga jadi ngga asyik. Sebenernya agak jarang juga nemuin orang yang bergolongan darah B ‘termakan’ sama moodnya. Cuman yaaa, kadang masih ada aja gitulah yaa. Baru aja habis ketawa, ntarnya uda bĂȘte lagi. Semua orang ikutan dibetein deh terusan. Ckck.

15.   Gesit. Terutama dalam hal berbelanja. Aku pribadi sih gesitnya gegara uda ngelist dulu apa yang mau dibelanjain. Karena kalo ngga gitu, bakal ‘terlalu banyak ide’ untuk membeli sesuatu. Dibanding teman-teman dengan golongan darah selain B, keranjang belanjaanku selalu lebih dulu penuh. Terus mojok nungguin mereka berjam-jam. Nugas juga gitu, maunya gesit-gesit aja. Lebih cepat kelar lebih baik. Rumpi less garap more pokoknya.

16.  Humoris. Orang-orang bergolongan darah B yang aku temuin, punya selera humor yang gila. Bruakakakak. Ada aja yang diketawain, ada aja yang ngebuat mereka lucu. Ah, berasa badut kadang. Tapi asli deh, kalo masalah lucu-lucuan, aku suka banget nimbrung sama orang-orang bergolongan darah B. hihihi. Hal yang kita ketawain sama.

17.    Anti mainstream. Sukanya sama yang aneh-aneh dan unik. Kata orang-orang, suka out of the box. Maunya tampil beda, terus pede aja gitu sama pilihannya. Ngga peduli sama omongan orang.

18.   Suka punya istilah sendiri. Nah, ini nih. Kayaknya aku termasuk banget. Haha, tapi kebanyakan orang-orang bergolongan darah B emang gitu kok. Selain manggil orang pake nama yang aneh-aneh, suka pake istilah yang ngga ada di kamus untuk menggambarkan suatu keadaan. Halah. Atau kalo ngga, style mereka itu agak beda gimana gitu deh.

19.       Jarang sakit atau kalo ngga yaa punya penyakit bawaan. Ehem, aku pribadi penyakitnya cuman mag. Itu pun jarang banget sekarang. Ngga pernah yang parah-parah. Imun orang-orang bergolongan darah B emang rada kuatan dikit. Alhamdulillaah. Kalau teman-teman segolongan darah lainnya setahuku gitu juga kok, atau kalo ngga, mereka punya something gitu yang emang jenisnya rutinan, semacam alergi mungkin, atau kalo yang cewe yang bulanan itu lho.

20.     Suka musik. Bahkan disaat ngerjain tugas bisa nyambi dengerin musik volume max. sehari ngga bisa ngga denger musik. Musik uda kayak moodboaster gitu. Karena kebanyakan kita suka seni kalik yaa, tapi kalo urusan musik emang beneran deh, penikmat musik sejati. Genre apa juga dilahap. Lebih suka ngafal lirik lagu ketimbang pelajaran malah. Kalo lagi ngenikmatin banget, pake headset terus disimak bener mana suara gitar, bass, piano, drum, backing vocal, suara 1, suara 2. Haha.

21.    Suka mengalah. Believe it or not. Kami suka mengalah lho. Karena ngga mau ribet juga sebenernya. Apalagi kalo uda menyoal kepentingan orang banyak, di forum besar gitu misalnya. Atau kalau tengah berdebat sama orang-orang yang menurut kami bakal ngga guna kalo ditimpalin terus, alias keras kepala. Yaa, mending ngalah. Terserahlah. Manut. Tapi yaa, sometimes, kalau kami ngerasa emang beneran bener dan dia yang salah, fixed gitu, ayo aja debat seharian, tak ladeni. Haha.

22.        Cuek. Nah, yang satu terakhir ini. Kadang bikin orang-orang ilfill, sekaligus penasaran. Kita sering dibilang sok misteriuslah, sombonglah, individualislah. Haha. Tapi yaaa, buat apa cobak? Ngurusin hal yang ngga penting atau terlarut terlalu lama pun dalam pada hal yang ngga ngasi efek baik? Hehe. Kami emang cuek, tapi memikirkan juga lho. Cuman yaaa kadar cueknya lebih banyak kayaknya, makanya terkesan ngga peduli. Ada semacam gengsi yang tak kumengerti sampai sekarang, kok bisa gitu yaa? Gitu deh. Susah ngejelasinnya. Haha. Padahal kami juga memiliki sisi perhatian yang duh, ga kebendung. Cuman yaaa kadang ngga bisa optimal nunjukinnya. Haha.



Aih, ada 22 point ternyata. Haha, pas banget kayak judul lagu Inaq Keke Taylor Swift aje, 22. Ehem. Yang ingin aku perjelas di sini adalah, tak semua yang tertulis di atas benar pun salah. Ada beberapa yang benar, pun sebaliknya. Seperti yang telah kusampaikan sebelumnya, kita bisa menjadi seperti golongan darah yang mana saja lho. Ada beberapa yang mirip dengan golongan darah A, AB, atau O kok di atas sana—menurut kesepakatan yang telah tersebar itu lho. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi karakter seseorang juga kan yaa, bukan hanya golongan darah. Bisa dari lingkungan, keluarga, tingkat pendidikan, buku yang  dibaca, tayangan televisi yang ditonton, budaya tempat ia tinggal, teman dia bergaul, dan banyak lagi. So, jangan mengotakkan pikiran yaks. Sesama golongan darah aja bisa beda banget gitu karakternya kok. Haha.

Well, udah gitu doang. Haha

Hai, B, ada tambahan? Hihi




Wassalam



Bonus:






Dan, klik link ini, adalah video yang menurutku cukup kocak buat ngegambarin karakter golongan darah. Haha. banyak juga kok di YouTube, tinggal pakai key word 'Karakter Berdasarkan Golongan Darah', juga untuk komiknya seperti bonus di atas, banyak banget di Google, tinggal cari dengan key word 'Komik Golongan Darah'. See yaa!




Yogyakarta



Zulfin Hariani
0501150102

Komentar

  1. aku tau ting ting itu siapa.. :v

    BalasHapus
  2. B itu gk suka aturan, gk pedulian, kurang bisa mnepati janji...he

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan kabarnya gitu yaa? tapi kalo aku sih kondisional patuh aturan, peduli, n nepatin janji.. wkwk

      Hapus
  3. Goldar A doong minta ditulisin :")

    BalasHapus
  4. Makasih buat infonya....sangat membantu saya

    BalasHapus

Posting Komentar