Alur Maju Mundur

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarrakatuh

Hai!

Ehem. Sebelum memulai tulisan ini—padahal sedang dimulai, aku mau nyisipin tulisan yang kayaknya uda nyaris bersarang laba-laba gitu di folder tersembunyi si Uca ini, halah. Tapi beneran deh, belakangan ini aku suka nulis ngga sampe kelar. Mesti kepotong gegara ketiduran atau entah apalah-apalah itu.

Well, langsung aja, ini dia:

Ketika aku menulis ini aku sedang menunggui pos KKN di Padukuhan Miri, Desa Pandowoharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, masih di dalam wilayah Yogyakarta sih, walau agak pinggiran di perbatasan sebelah selatannya.

Kali ini aku mau cerita tentang KKN, itu lho Kuliah Kerja Nyata. Yang diwajibkan oleh pihak kampus untuk mahasiswanya di semester 7. FYI, aku masuk di kelompok 91, anggotanya ada 17 orang.



Eh, itu foto yang belum komplit ding! hehe. ntar deh aku bongkar hardisk dulu.

Jadi, apa saja yang telah terjadi?

BANYAK!

Bermula dari pembagian kelompok KKN yang diacak berulang kali, gegara ada beberapa prodi yang semulanya ngga mau join KKN tahun ini eh malah mau ikutan terjun juga. but, it’s okay kok.

KKL yang merupakan agenda sebelumnya membuat aku tidak bisa hadir di hari pembekalan KKN sebelumnya. Yes, itu ngebikin aku belum ketemu dan ngeliat sama sekali siapa aja sih temen-temen di kelompok KKNku, padahal itu momentum penting untuk kita meet and great for the first time gitu. Halah. Walaupun group di whatsup sudah ada dan kebetulan aku adminnya, tetap aja berasa belum SREG kalau belum ketemu.

Waktu itu masih bulan Ramadhan, adek Niniku masih di jogja. Nah, moment pertama  buat ketemuan sama mereka yaitu pas Bukber di kontrakan Doni. Adek Nini aku ajakin.

Seperti biasa, aku mengamati satu-satu dari mereka. Mencoba untuk membaca karakter mereka. Mulai kelihatan sih, dari bagaimana cara mereka berbicara, menyelesaikan tugas, dan “melayani”, iykwim. Kesan pertama cukup meyakinkan aku buat mikir kayaknya-seru-nih-diajak-seruseruan, sampai akhirnya ngga kerasa sekarang udah nyaris kelar aja KKNnya.

***

Nah, itu dia. Dikit banget kan? Ngegantung banget juga. haha. Itu tulisan entah kapan, eh sekarang udah lewat KKN sebulan lebih aja. Ngga kerasa deh, beneran.

Hari ini Sabtu, 10 Oktober 2015. Aku ngga lagi di Yogyakarta. Aku sedang di Pare, Kediri, itu lho di Kampung Inggris. Yes, tempat yang pingin banget aku kunjungi sewaktu liburan SMA zaman dulu. Aku inget banget, waktu itu aku harus ngebantuin beberapa temen untuk bisa diizinin biar bisa bareng ke sini. Ngobrol sama orangtua mereka gitu. Haha, kalo diinget-inget kayaknya bakat nekatku emang udah ada sedari dulu sih yaa.

Nekat?

Iya, kali ini aku ke sini sendirian. Aku pakai Kereta Api coy—merasa gaul, Malioboro Express berangkat dari Stasiun Tugu Jogja pukul 07:32 WIB sampai di Stasiun Kediri pukul 12:35 WIB. Terus minta dijemput dari LC (Language Center), sebagai tempat les yang aku pilih dan daftar via online sebelumnya.

Hum.. sebenernya aku lagi ngga pingin bahas tentang Pare ini sih, ntar aku kasi space di postingan tersendiri aja kalik gitu yaaa.. dari persiapan daftar, berangkat, sampai suasana di sini. Sekarang, aku pengen cerita tentang  KKN dulu. Hehe. Ngga tau deh ini, tetiba rasanya kangen aja pingin nulis dan ngebahas KKN.

Sekarang pukul 03:46 WIB.

Bukannya begadang lagi, bukan. Aku emang udah bangun jam segini. FYI, ada beberapa kemungkinan kalau aku ngga tidur jam segini, kalau gegara belum tidur yaa gegara uda bangun—YAIYALAH. Apaan sih aku ini, makin keren aja. Skip.

Oke, well, KKN itu masuk di kategori best moment in my life. Bukan meyoal seberapa lama agenda itu berlangsung ataupun bersama siapa, yaaa tapi bisa juga sih karena dua hal itu. Wkwk. Yang bikin berkesan adalah, keberlanjutan komunikasi yang terjalin pasca KKN. Kan bisa aja tuh akrab pas KKN gegara mikirnya yaa emang seharusnya begitu demi berlangsung lancarnya kegiatan-kegiatan KKN yang baik. Tapi yang mau aku bahas di sini beda, duh, gimana sih nulisya. Haha.

Aku merasa beruntung bertemu dengan 16 karakter manusia di kelompokku, mereka unik-unik.

Eh, pintuku diketok nih, subuhan dulu yah J


Lanjut.

Sampai mana ya tadi? Oh iya, sampai unik-unik. Eniwe, sekarang pukul 14;33 WIB aja, aku lagi makan siang sekaligus numpang wifiian gratis di Lesehan Classic di Kampung Inggris. Di sini menunya murah-murah, nasi pecel Rp 4.000, nasi telor bakar Rp 5.000, air es Rp 500. Itu sih apa yang aku pesan. Hehe.

Duh. Sampai lupa tadi mau bahas apa. waktu senggangku mulai ngga beres deh buat nulis.

Ohiya, tentang KKN, aku mau kenalin nih teman-temanku di KKN 91, ada Doni si Ketua yang doyan pake pomade, ada Roro si Sekretaris kita yang lumayan baper *ups, ada Leo yang anak komunikasi juga dan seorganisasi sama aku sedari zaman awal kuliah, ada Bayu si Komandan yang formal, ada Adit si anak adver yang menemukan belahan jiwanya di moment KKN ini *njiie, ada Diyah yang doyan nasi padang walaupun dari Bangka, terus ada Reza yang kalo ketawa hidungnya kembang-kempis, ada Ica sang Primadona KKN 91 ULALA, ada Wicak si asisten dosen akuntansi, terus ada juga si Yana yang lola sekaligus magipho, ada Ryan yang paling tua, ada Yoyo si cowok yang doyang ngelapin sepatu, ada juga Al yang mukanya sangar tapi ternyata hatinya…juga agak sangar sih, terus ada Ayun yang (terlihat) sibuk banget, dan terakhir ada 2 orang yang belakangan ini aku lumayan deket sama mereka, Aziz dan Tian.

Bermula dari letak kos kami yang berdekatan, jadi kalau berangkat ke lokasi KKN yaa bareng, pun kalau mau balik ke kos setelah selesai berkakaenria, kita bareng. Makan bareng, jalan-jalan bareng, ngapa-ngapain juga bareng.

Rasanya pengen banget cerita detail yang panjang dan lebar tentang Aziz dan Tian ini, haha. Tapi next time aja deh, sekarang udah pukul 20:33 WIB, aku baru kelar makan malam. Ini ngga fokus banget nulisnya. Haha.

Next time deh cerita detailnya—terdengar seperti janji yang akan diingkari. Wkwk.
Atau gini aja deh, aku lampirin foto-foto kita yah. Soalnya ini warung makan bakal tutup deh kayaknya.


Check this out!

karaoke bareng

maen di sawah bareng


"main lagi" pasca KKN

jalan-jalan sampai malam

nekat ke Solo xD

di kereta

di Keraton Solo

ini perjalanan paling memorable banget! bruakakakak xD


And, Well, sekarang aku lagi Lombok, guys. Nyahaha, mau magang soalnya, ternyata ini postingan tersimpan di draf! BAYANGIN! Wkwkwk. Jadi waktu aku balik ke Yogyakarta dari Pare yang cuman sehari semalam kemarin, eh terus langsung cus Lombok dan ngga ngesosmed seintens biasanya, INI POSTINGAN STAY DI DRAF, PERMIRSAH! BRUAKAKAK!


Udah ah, aku makan dulu. Laper.

Wassalaam.


bonus, postingan tentang KKN di OLARV, klik di sini.





KFC Pancor



Zulfin Hariani
071120152024

Komentar