Akrab dengan Industri Tambang

source : www.ptnnt.co.id

Memasuki era kompetitif, pembangunan ekonomi dari segi pengelolaan sumber daya alam memiliki daya saing yang cukup kuat. Di Indonesia, industri pertambangan memiliki peran besar dalam kemajuan ekonomi. Hal itu tidak terlepas dari fakta kekayaan sumber daya alam yang dimiliki. Fenomena ini memberikan efek positif berupa peluasan lapangan pekerjaan khususnya bagi masyarakat lokal, menarik investor menanamkan modal, hingga memenuhi kebutuhan pasar akan hasil tambang baik skala nasional maupun internasional. Adapun efek negatif dapat tercover oleh program tanggungjawab sosial (CSR) yang justru dapat mengoptimalkan potensi lain.

PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) adalah perusahaan tambang di Indonesia yang memiliki strategi dalam  pengolahan lingkungan berbasis green mining. Hal itu berupa penanaman kembali lahan yang digunakan (reklamasi), budidaya rumput laut di daerah lingkar tambang, pembinaan hingga pendistribusian olahan ladang di bidang agraris, hingga memberikan ruang pengasahan skill pada SDM demi tumbuhnya generasi yang lebih bermutu. Pengelolaan lingkungan adalah hal utama yang tumbuh beriringan dengan keberhasilan industri tambang, CSR yang dijalankan PTNNT mencangkup berbagai aspek kehidupan yang memenuhi kebutuhan sekarang tanpa harus mengorbankan kebutuhan generasi selanjutnya.

Sekarang, sudah saatnya mengganti stigma negatif tentang industri tambang. Teknologi telah berkembang pesat dalam proses pembaharuan. Mari menjadi generasi yang terbuka dan cerdas!

Komentar

  1. Kalo tambangnya secara keseluruhan dimiliki dan dikelola sama orang Indonesia mungkin bakalan lebih keren yaa.. Semoga bisa . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. generasi kita nih yang waktunya beraksi buat ambil alih kemudi :D

      Hapus
  2. Setuju, sudah sepatutnya csr menjadi jendela pengayoman masyarakat yg berkelanjutan sehingga dampak positif mining semakin terasa untuk mensejahterakan masyarakat bukan hanya konglomerasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap, bahasa anak hukum emang beda :D
      memang seharusnya uda jadi kebutuhan perusahaan tambang juga sebenernya publikasi kegiatan tanggungjawab sosial mereka. biar masyarakat tahu dan paham, bagaimana sistem & pantas terilibat secara aktif juga.

      Hapus
  3. Setuju, sudah sepatutnya csr menjadi jendela pengayoman masyarakat yg berkelanjutan sehingga dampak positif mining semakin terasa untuk mensejahterakan masyarakat bukan hanya konglomerasi.

    BalasHapus
  4. Wow. Jadi pingin ke PTNNT :)
    Dunia tambang emang uda semestinya kita pelajarin lebih dalam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, :)
      generasi kita, siapapun, baiknya paham & tidak buta tentang dunia tambang :)

      Hapus
  5. Wow. Jadi pingin ke PTNNT :)
    Dunia tambang emang uda semestinya kita pelajarin lebih dalam :)

    BalasHapus
  6. wih nambah pengetahuan baru.. thanks infonya..

    BalasHapus
  7. Newmont, nambang, ini nih yang suka bikin gempa di lombok timur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha. yakin? gempakan bisa dari mana aja, ngga selalu dari perusahaan tambang. wkwk. Hola Lombok Timur! :D

      Hapus
  8. Cuma disuruh komen ajaa,.. Udahh...

    BalasHapus
  9. Aku suka artikelnya, Kak. Nice sharing :)

    BalasHapus
  10. Semoga aja perusahaan tambang lainnya bisa mencontoh newmont nih keren sistemnya (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. kemarin ane pas magang di sana baru deh ngeh, ternyata keren gitu sistemnya. tunggu postingan selanjutnya aja buat cerita seputar magang *lho
      wkwk

      Hapus
  11. Baguslah ada program csr.
    Jd sy bisa ttp hidup di Maluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, maluk dekat banget di lingkar tambang yah malahan :D keren. salam untuk Maluk! :)

      Hapus
  12. Baguslah ada program csr.
    Jd sy bisa ttp hidup di Maluk

    BalasHapus
  13. Setuju, selama dampak yang diberikan positif, apa salahnya. dan kita juga sebagai generasi muda harus mengetahui banyak hal terutama tentang tambang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. agree, ayo bareng jadi generasi peka & ga buta dengan dunia tambang :)

      Hapus
  14. Bagus postingannya, apalagi jarang tulisan yg membahas dr segi" positifnya tambang. Kebanyakan kita tau adanya tambang dr segi negativ doang, apalagi yg kelola bukan org lokal sepenuhnya, belum lagi masalah lingkungan yg ada.
    Suka tulisannya, bisa sekaligus pengenalan ke dunia PR juga, lewat pembahasan CSR.
    Besok" bisa dong sekalian dikasiin foto bentuk CSR green miningnya yak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener banget. Di sini posisi Public Relations atau departement SR beperan banget buat ngebentuk opini publik. reputasi itu perlu.

      wah, besok kalo jadi ikutan Bootcamp V PTNNT aku posting foto2 CSR green miningnya deh :D

      Hapus

Posting Komentar