#7DaysBloggerChallenge (Dan Sebuah Rekapitulasi Foto)


Assalamualaikum!

Beberapa waktu yang lalu, aku sempat berpikir untuk berhenti menulis saja. Hanya untuk sesaat. Walau entah sampai kapan. Hanya karena beberapa kemungkinan yang kupikir hanya akan menambah-nambah beban pikiran saja. Namun nyatanya tidak juga sih. Lol. Hum, walau tempat berbagi pikiran selalu ada berwujud orang lain, menuang pikiran melalui tulisan juga nyatanya telah menjadi kebutuhanku. Sejak lama. Maka, sempat beberapa kali aku menulis lagi untuk kusimpan sendiri.

Pikiran untuk puasa menulis dan berganti untuk lebih banyak membaca saja itu, nyatanya terhenti juga hari ini. Ketika aku malah menemukan kembali sebuah buku yang di sampulnya bertuliskan, 'bila mulutmu disumpal, angkatlah penamu’. Aku membuka lembar demi lembar, membaca. Oh ternyata, justru buku yang bagus nyatanya tak hanya akan menyegarkan pikir. Ia juga menumbuhkan hasrat menulis.


Aku berpikir, ada orang-orang yang ingin bersuara di luar sana, namun tak diberi ruang kesempatan untuk itu atas nama aturan. Padahal bisa jadi, yang mereka ingin sampaikan itu bermanfat, berilmu, membuka pikiran. Olehnya, mereka memilih untuk menulis saja. Sedang aku? Wkwk. Hal yang mengunci langkahku yaa ternyata aku sendiri. Sungguh tidak pandai bersyukur.

Walau begitu, nyatanya aku masih mengelak juga. Masih bandel dan kerap menepis tiap hasrat ingin menulis datang. Kulepas buku, kubuka youtube. Hingga akhirnya aku menemukan video para penulis buku yang memaparkan alasan mereka tetap menulis. Kutemukan video Fiersa Besari, aku tertegun. Ia katakan menulis itu untuk kepuasan hati. Sebuah kebutuhan. Untuk dokumentasi hidupnya. Seketika aku merasa ‘eh kok sama ya’. Hahaha, ini ibarat mau move on tapi banyak godaannya. Seolah semesta memanggil-manggil untuk menulis kembali.

Ditambah lagi, semakin banyak saja rupanya kejadian-kejadian yang biasanya aku tuangkan dalam tulisan terjadi dalam jangkauku. Sungguh menggelitik jari untuk mulai menulis. Seolah mereka mengetuk-ketuk dinding pertahanan, “Fin, yakin ga mau nulis lagi?”

Aku juga menemukan beberapa orang mulai membangun kebiasaan mereka sendiri. Memaksa diri untuk terbiasa. Melihatnya juga membuat pertanyaan tadi memenuhi kepala, “Beneran nih, Fin? Nulis lagi aja sih ah”

Lalu kucoba dengan membuat beberapa caption foto-foto yang membosankan, agar aku bosan. Nyatanya kemudian aku beneran bosan. Lol. Lmao. Lalu kucoba lagi melepas beberapa bacaan dan berselancar di youtube. Iya, aku anaknya emang yutupan banget. Makanya kuota internet cepat habis. Hehe. Hum, lalu kutemukan daily vlog yang pernah kutonton dulu, daily vlog yang dijadikan challenge oleh Agung Hapsah selama seminggu. Dia mengaku, ingin menantang dirinya sendiri untuk tetap berkarya. Kemudian kupikir, membuat video seperti dia itu tidak mudah. Sinematografinya markotop soale. Shoot, take, cut, editing, dan segala tetek-bengek lainnya. But he still make it. He did a very good job. Lalu kuskrol lagi timeline, kutemukan Skinnyfabs buat daily vlog challenge yang rulesnya sama seperti Agung tadi. Harus posting tiap hari selama seminggu. Etdah. Apa-apaan ini. Berbeda dengan Agung, materi vlognya benar-benar apa adanya. It’s real life btw. Lol. Walau begitu, ia tetap coba konsisten.

So, I just thinking like, kenapa aku yang padahal cuma nulis doang bisa mikir buat puasa nulis aja? See? Yas I know I am a really bad blogger—and maybe none care abo that. Wtf. Lol. But, HELLO, from the very first place I choose this way, I wish I could introspeksi diri lewat menulis ataupun mengingat dengan membaca ulang. Lol.

“Mba kok ga perna update blog lagi?”
“Oh lagi vakum bentar, dek”
“Kenapa vakum?”
“Lagi banyak mata-mata soalnya.. hehe”

Adalah alasan ngeles yang kerap kuungkapkan, biar dikira kegeeran dan tidak ada orang yang suka berdebat dengan orang yang udah kegeeran duluan kan? Lol. But, seriously, I think I wanna challenge myself this time tho. Yhaaa, anggap saja puasa nulis yang kemarin-kemarin itu juga adalah sebuah challenge, yang ternyata cuma bisa tahan sampai 4 bulan? Hahaha bentar banget padahal. Ew.

So yhaa, begini tantangannya. Jadi aku inshaa Allah akan nulis tiap hari dan diposting di sini. Entah nulis fragment, opini, sajak-sajak, apapun bebas asal nulis. Bisa jadi di awal-awal ntar panjang gitu postingannya, eh terus bakal pendek, atau entah bagaimana ntar aku belum tahu. Lol. Namanya juga challenge. But, yhaa, still, I’ll put my heart there. Hehe.

Di Lombok, aku biasanya tidur pukul sebelasan malam gitu, setelah bapak pulang. Kesian doi ga ada yang bukain pintu dan buatin kopi soale ntar *eh. So dat, sebelum jam tersebut, aku harusnya sudah posting something. Sehari minimal ngepost 1 note yang dibuat hari itu juga, ga bole dari tulisan nyetok sebelum-sebelumnya. Hosh! Dimulai hari ini, hingga 7 hari ke depan berarti itu sekitar tanggal…wait cek kalender, 30 Juli 2018! Daebak.
Yaudah, gitu dulu ajah. Wish me luck!

Wassalaam

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bonus foto, beberapa tempat yang aku singgahi selama vakum nulis, bisa jadi bakal jadi bahan postingan selanjutnya:


KEDIRI

PARE-OXFORD

TEMPAT KURSUS PERTAMA DULU

SEMPAT KE JOGJA LAGI



MY CAMP

MA NEW FRIENDS

JALAN KE MALANG PAS WEEKEND

BUKIT PARALAYANG-MALANG

MALANG, ASRAMA SI DEA (SEBELUM BALIK LOMBOK)
BRAWIJAYA

MUSEUM ANGKUT



MAKAM PAMAN-BANJARMASIN, KALSEL

PASAR APUNG, MARTAPURA

MY BELOVED DUA KURCACI

SUNSET DARI LANGIT KALIMANTAN
ANGGITA-AYU-FIN (MENGHADIRI #BA SATU DEKADE)

PURWOKERTO

RAPAT BORANG-IKOM UMY

TEMPO GELATO

KULON PROGO, JENGUKIN IBU KOS YANG SAKIT

BELOVED MASJID JOGOKARIYAN

MY BEST

HUM.. :)

LAILA NIKAH!

SEBELUM BERANGKAT TEST TOEFL

BANYUMAS

MY LAST SUNMOR :(

KHAYLILA LOMBA PUISI DAN NARI. JUARA MY LOVE!

MY FIRST TIME BTW. LOL

DIFOTOIN IDA, AKU MOTOIN RIA. LOL

HUTAN PURBA, SAMBELIA

AKAD RINA FOSPASTERZ! LOVELY!

RESEPSI RINA! KITA JAHIT BAJU BARENG, PERDANA PAKE SERAGAM KONDANGAN FOSPAST. WKWK


FOSPAST EVENT! BERBAGI BUKA PUASA DI RUMAH SAKIT

BUKBER FOSPAST

IDUL FITRI ALA-ALA KELUARGA GOKIL. LOL

TANGAN BAPAK (SELALU) PALING BEDA

DI LOMBOK KERJAANNYA KE RUMAH RIA MINTA MANGGA TERUS AKUTU :3
PANTAI MANDALIKA WITH FOSPAST. SAHABAT SESURGA. AAMIIN!
YANG DULU DEKAT, MENJAUH, LALU ERAT LAGI :')


..terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat pun menemani selama proses itu aku lewati,
without you I am nothing


Bermis,


Zulfin Hariani
240720181434

Komentar